Selasa, 25 September 2012

PENYAKIT PADA KALKUN

Penyakit Kalkun: Blackhead/Histomoniasis


Blackhead/Histomoniasis? Mungkin banyak yang tidak tahu tentang penyakit ini. Saya sendiri baru mendengar penyakit ini setelah saya mulai beternak kalkun, tapi penyakitnya seperti apa ya nggak tahu. Saya pikir malah penyakit ini nggak ada di Indonesia karena kalkun bukan unggas asli Indonesia. Ternyata saya salah.

Saat ini salah satu kalkun saya ada yang terserang penyakit ini. Sebelumnya satu kalkun saya mati karena penyakit ini. Namun, pada waktu itu saya tidak mengerti kalkun saya sakit apa. Karena saya khawatir kalkun saya mati lagi, akhirnya saya mencoba mencari info mengenai penyakit ini di internet.

Gejala yang dialami kalkun saya adalah nafsu makan turun, badan jadi kurus, dan yang paling mudah diamati adalah kotorannya berwarna kuning. Kalo kotoran warna hijau, merah atau putih, mungkin yang beternak ayam sudah tahu.

Dari gejala yang ada, saya dapat informasi kalo kalkun saya terserang blackhead/histomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa Histomonas meleagridis, menyerang hati, itu sebabnya kotorannya menjadi kuning. Penyakit ini termasuk penyakit mematikan bagi kalkun bila penanganannya terlambat. Biasanya penyakit ini menyerang kalkun yang masih muda. Ayam lebih tahan terhadap penyakit ini, namun bisa menjadi pembawa penyakit ini (carrier).

Gejala dari penyakit ini, seperti yang telah disebutkan di atas:
- nafsu makan turun
- kotoran berwarna kuning
- lesu, terlihat ngantuk
- kepala berwarna kebiruan
Untuk pengobatannya, dari internet, menggunakan Emtryl, mengandung dimetridazole. Saya tidak tahu apa obat ini ada di Indonesia.

Perlakuan yang saya berikan saat ini hanyalah memaksa kalkun saya makan, dengan cara menyuapinya setiap hari. Saya sedang mencoba menggunakan daun putri malu untuk pengobatannya, karena putri malu mudah didapat dan dapat digunakan untuk melindungi hati (majalah Trubus 491, Oktober 2010). Hari ini merupakan hari ketiga saya menyuapi kalkun saya dan hari pertama untuk pemberian daun putri malu.
Sampai saat ini kalkun saya umbar di halaman.

Pencegahan penyakit ini, yang utama adalah menjaga kebersihan kandang dan mengkarantina kalkun yang sakit.
( SUMBER DARI GOOGLE )

1 komentar:

  1. Dosis untuk Putri malunya bagaimana gan? Janis putri malunya yang tangkainya Ikut layu atau putri malu yang hanya daunnya yang layu? Mohon pencerahannya. Thank. Said

    BalasHapus